GHIBAH OR GOSIP

Gosip itu asyik pada awalnya karena membuat hubungan dengan kawan makin dekat, namun di balik itu berpotensi besar menimbulkan keretakan hubungan persaudaraan….

GOSIP ALIAS GHIBAH
——————————-
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menerangkan kepada kita tentang gosip atau ghibah dalam sabda beliau berikut ini :

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallambersabda,

اتدرون ما الغيبه؟ قالوا: الله ورسوله أعلم .قال:الْغِيبَة ذِكْرك أَخَاك بِمَا يَكْرَه قِيلَ : أَفَرَأَيْت إِنْ كَانَ فِي أَخِي مَا أَقُول ؟ قَالَ : إِنْ كَانَ فِيهِ مَا تَقُول فَقَدْ اِغْتَبْته ، وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فَقَدْ بَهَتّه

“Tahukah kalian apa itu ghibah?”

Mereka (para sahabat) menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.”

Kemudian beliau shallahu’alaihi wasallam bersabda, “Engkau menyebut-nyebut saudaramu tentang sesuatu yang ia benci.”

Kemudian ada yang bertanya, “Bagaimana menurutmu jika sesuatu yang aku sebutkan tersebut nyata-nyata apa pada saudaraku?”

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Jika memang apa yang engkau ceritakan tersebut ada pada dirinya itulah yang namanya ghibah, namun jika tidak berarti engkau telah berdusta atas namanya.” (HR Muslim 2589 Bab: Al-Bir Wash Shilah Wal Adab)

Gosip ( ghibah ) adalah perbuatan yang tercela dan ini sangat dilarang oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

“………. Janganlah kamu mencari- cari kesalahan orang lain , dan janganlah ada di antara kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik. QS. Al- Hujurat : 12 ).

Gosip itu asyik karena dilakukan berjama’ah dan atas dasar suka sama suka , namun kalau orang yang digosipkan tahu pasti sakit hati dan menjauhi kita…

Lidah kita memang tidak bertulang , semakin banyak kita  berolah raga pada lidah,  semakin rentan kita melakukan Ghibah dan semakin tinggi resiko kita melakukan dusta. Padahal ghibah dipandang sesuatu yang buruk pada Allah SWT, yang diibaratkan kita memakan bangkai saudaranya sendiri

Gosip itu indah dan asyik karena tak ada lagi rahasia di antara kita, semua menjadi sama tak ada lagi kasta, tapi bukankah kita diperintahkan untuk menutup aib saudara kita agar aib kita pun tertutupi?

“ Barangsiapa yang menutup aib saudaranya, maka Allah akan menutup aibnya di hari kiamat.” ( HR. Muslim )
Jangan berteman dengan orang suka bergosip karena suatu ketika kejelekan kita pun akan digosipkan juga…

Gosip itu asyik pada awalnya tapi celaka pada akhirnya, baik di dunia dan di akhirat.

Para ulama telah sepakat bahwasanya ghibah termasuk dosa besar. Mereka berdalil dengan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

فَإِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالكُمْ وَأَعْرَاضكُمْ حَرَام عَلَيْكُم

“Sesungguhnya darah kalian, harta kalian dan kehormatan kalian adalah haram atas (sesama) kalian”.( HR Muslim 3179, Syarh Nawai ‘ala Muslim)

One thought on “GHIBAH OR GOSIP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s