MUHASABBAH

Berhati-hatilah engkau, ketika datang masa kepadamu, ketika tegur sapa hilang, ketika salam tak lagi terucap, ketika dua wajah bertemu sapa, senyum menghilang dari paras rupawan, tutur kata indah dan santun seolah lenyap bertukar dengan pahitnya caci maki.
Ketika telah engkau tancapkan belati tajam kebencian, ketika Luka yang kau buat sendiri semakin meradang. Semua itu hanya akan berujung tikai atau saling mendiamkan serta dendam….jauhi itu sebelum Allah hentikan nafasmu dan Allah cukupkan umurmu…..

nusia akan merasakan peristiwa yang maha dahsyat yang belum pernah dialami sebelumnya yaitu kematian,sebagaimana yang telah ditegaskan dalam firman Allah SWT, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati.” (QS Ali Imran [3]: 185).

Kita hanya bisa berdoa dan berharap agar saat menghadapi kematian dalam keadaan tunduk dan patuh kepada-Nya. “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS Ali Imran [3]: 102).

Mati itu pasti yang penting adalah  sejauhmana persiapan menghadapi kematian itu. Rasulullah SAW mengingatkan agar kita bersegera untuk menyiapkan bekal dengan beramal saleh. “Bersegeralah kamu beramal sebelum datang tujuh perkara: kemiskinan yang memperdaya, kekayaan yang menyombongkan, sakit yang memayahkan, tua yang melemahkan, kematian yang memutuskan, dajjal yang menyesatkan, dan kiamat yang sangat berat dan menyusahkan.” (HR Tirmidzi).

Bekal adalah suatu persiapan, tanpa persiapan tentu akan kesulitan dalam mengarungi perjalanan yang panjang dan melelahkan. Oleh karena itu, “Berbekallah, sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.” (QS Al-Baqarah [2]: 197

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s