Jangan Menilai Seseorang dengan Sebelah Mata

SAHABATKU, Ingatlah Janganlah pernah kita menilai seseorang dengan sebelah mata. Terkadang kita berfikiran negatif tentang seseorang dengan apa yang kita lihat sekilas, tanpa mengetahui apa yang sudah atau sedang dialami oleh orang tersebut.Allah Azza Wa Jalla Berfirman dalam AlQur’an Al Kareem :

ياأيها الذين آمنوا اجتنبوا كثيرا من الظن إن بعض الظن إثم

“Wahai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jauhkan dari kebanyakan sangkaan buruk. Sesungguhnya sebahgiannya adalah dosa.” (12 : al-Hujurat)

Berikut ini ada sebuah kisah menarik tentang penilaian terhadap orang lain hanya dengan sebelah mata,Semoga dengan membaca ini, kita semua bisa lebih belajar bagaimana menilai orang.

——————————————————

Seorang dokter sedang bergegas masuk ke dalam ruang operasi .. Ayah dari anak yang akan dioperasi menghampirinya dan berkata : “Kenapa lama sekali anda sampai ke sini? Apa anda tidak tahu, nyawa anak saya terancam jika tidak segera di operasi ?”. Lab…rak si ayah.

Dokter itu tersenyum, “Maaf, saya sedang tidak di RS tadi, tapi saya secepatnya ke sini setelah ditelepon pihak RS.”

Kemudian ia menuju ruang operasi, …. setelah beberapa jam ia keluar dengan senyuman di wajahnya. “Alhamdulillah keadaan anak anda kini stabil.” Tanpa menunggu jawaban sang ayah, dokter tersebut berkata ” Suster akan membantu anda jika ada yang ingin anda tanyakan.” kemudian Dokter tersebut berlalu.

“Kenapa dokter itu angkuh sekali ? Dia kan sepatutnya memberikan penjelasan mengenai keadaan anak saya !” Sang ayah berkata pada suster.

Sambil meneteskan airmata suster menjawab :”Anak dokter tersebut meninggal dalam kecelakaan kemarin sore, ia sedang menguburkan anaknya saat kami meneleponnya untuk melakukan operasi pada anak anda. Sekarang anak anda telah selamat, ia bisa kembali berkabung.” ….

Subhanallah….Dokter itu tetap tersenyum walau sedang berkabung dan mengoperasi pasien dengan tulus mengobati pasien. Setiap orang yang ada disekeliling kita, terkadang menyimpan kisah yang tak terbayangkan di benak kita. Jangan menilai seseorang dengan sebelah mata. Sembuhkanlah luka dengan senyum dan hapuslah luka denga maaf..

subhanallah

One thought on “Jangan Menilai Seseorang dengan Sebelah Mata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s