KEMULIAAN ANAK YATIM

————————————-

Sesungguhnya anak yatim adalah sosok yang dimuliakan oleh Allah dengan atas kehendakNya. Manusia terciptakan dalam bentuk yang sempurna dan tersempurnakan dengan atas kehendak Allah. Oleh sebab itulah Allah memerintahkan setiap manusia untuk saling menghormati dan menghargai dengan penuh kesadaran bahwasanya setiap pribadi adalah sama dihadapan Allah dengan atas kehendakNya. Beberapa ayat lain dalam AlQur’an juga banyak yang mengisahkan tentang larangan memandang hina anak yatim, bahkan sampai memusuhinya.

Sesungguhnya tiadalah maksud Allah menurunkan ayat yang berkait dengan larangan memandang hina anak yatim tersebut, kecuali memberikan kesempatan beribadah bagi manusia dengan atas kehendakNya. Dan sesungguhnya tiadalah diri kita mampu beribadah kepadaNya – termasuk memberikan perlindungan dan sedekah pada anak yatim – kecuali dengan atas sorot kekuatan dari Allah ‘Azza Wa Jalla. Dialah Allah Sang Pemilik Langit dan Bumi, yang memberikan anugerah kepada setiap manusia, entah itu kaya ataupun miskin, tua ataupun muda, laki-laki maupun permpuan, yatim maupun tidak. Sesungguhnya semua adalah bagian dari dinamika keharmonisan dan keseimbangan yang Dia tetapkan dan terapkan di bumiNya dengan atas kehendakNya.

Bukanlah menyantuni anak yatim atau menjauhi larangan memandang hina anak yatim yang terpenting, namun jauh lebih penting adalah awal niat dan kesadaran kita dalam melakukan dua hal tersebut. Apakah kita menjauhi larangan memandang hina anak yatim tersebut hanya semata-mata melaksanakan perintah Allah dalam AlQur’an, ataukan kita benar-benar melaksanakannya dengan penuh kesadaran dan kefokusan hanya kepada Allah. Bahwa sesungguhnya tiadalah kita mampu menjauhi larangan tersebut kecuali dengan atas kehendakNya. Bahwasanya Dialah Allah, Sang Pemilik Segala-galanya yang Maha Berkuasa atas jiwa maupun raga manusia dari yang terkecil sampai yang terbesar, bahkan sampai dengan yang tak terhinggakan, karena Dialah Allah Yang Maha Tak Terhinggakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s