BERSABARLAH……………

Image

Dalam Al Alqur’an Al Kariem, Kalimat sabar itu disebutkan 72 kali. Betapa sungguh besar sekali keutamaanya. 

Q.S. 13 (Ar Ra’d) : 22. Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik).

Dalam hadist pun demikian.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Orang mukmin baik laki-laki maupun perempuan senantiasa mendapatkan cobaan baik di dalam dirinya, anaknya maupun hartanya sehingga ia menghadap Allah ta’ala tanpa membawa dosa.” (HR. Tirmidzi)

Sabar menahan marah, yang kombinasi antara emosi jiwa dan stimuli dari luar dikatakan pada sebuah hadist :
Dari Mu’adz bin Anas radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang menahan marah padahal sebenarnya ia bisa untuk melampiaskannya maka nanti pada hari kiamat Allah subhanahu wa ta’ala akan memanggilnya di hadapan sekalian makhluk kemudian ia disuruh untuk memilih bidadari yang cantik jelita sesuai dengan yang diinginkannya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Yang dikatakan orang kuat bukanlah orang yang menang bergulat tetapi yang dikatakan orang kuat adalah orang yang dapat mengendalikan dirinya pada waktu marah.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Atau sabar saat kita kehilangan orang yang kita cintai. Mungkin saudara-saudara kita di aceh amat merasakannya saat ini. Apa kata hadist ttg ini?
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah ta’ala berfirman : “Tidak ada pembalasan bagi seorang hamba-Ku yang mukmin yang telah Aku ambil kembali kekasihnya dari ahli dunia ini kemudian ia hanya mengharapkan pahala daripada-Ku, kecuali pembalasan sorga.” (HR. Bukhari). 
subhanallah…
Bukankah tidak ada alasan untuk sedih dan berkeluh kesah? Karena apapun yg kita hadapi, balasannya adalah syurga.

Bagaimana bila ada yang sakit?
Dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata : “Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Allah ta’ala berfirman : “Apabila Aku menguji salah seorang hamba-Ku dengan buta kedua matanya, kemudian ia sabar, maka Aku akan menggantikannya dengan sorga.” (HR. Bukhari).
Q.S. 8 (Al-Anfaal) : 66. Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.
Karena orang2 yg sabarlah yang bisa senantiasa teguh, menjalankan apa yang ia perjuangkan, bersama Allah, sampai akhir. sampai tujuan, dan kemenanganlah untuknya…
Semoga Allah mengkaruniakan kita kesabaran dan menggolongkan kita ke dalam golongan orang-orang yang sabar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s