RAMADHAN BULAN SEDEKAH

a0e09313a5585f9ef19907874d022858_aRamadhan adalah bulan kebaikan, bulan beramal sholeh, bulan sedekah dan semua amal-amal kebaikan lainya. Bulan dilipat gandakan pahala, termasuk di antaranya pahala sedekah, maka Rasulullah saw bersabda “Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan”. (H.R. Tirmidzi).
Sedekah adalah amalan utama yang pahalanya akan dilipat gandakan Allah Ta’alaa sampai dengan tujuh ratus kali lipat, dan lebih utama serta lebih dilipat gandakan lagi pahalanya apabila sedekah tersebut diberikan pada bulan Ramadhan, karena mulianya bulan tersebut.
Kalau konteksnya sedekah dengan anak yatim, adalah sebagaimana yang dilakukan oleh para salafus salih sebagaimana tergambar diatas, menjadi orang tua asuh bagi mereka dengan memberikan jaminan kehidupan mereka, baik secara fisik, mental dan spiritual. Sedekah untuk memenuhi kebutuhan fisiknya yaitu memberinya makan, sebagaimana yang dilakukan oleh sahabat Ali bin Abi Thalaib ra. Sedekah untuk memenuhi mentalnya yaitu menyayangi mereka sebagaimana menyayangi dan memperlakukan anak kita sendiri. Sedekah untuk memenuhi spiritualnya yaitu membina dan mendidik mereka dengan aqidah, ibadah dan akhlak yang baik.
Memberi makan kepada orang yang sedang lapar adalah perbuatan yang utama, sebagaimana sabda Rasulullah saw : “Mukmin yang mana saja yang memberi makan kepada mukmin yang lainnya yang sedang lapar maka Allah SWT akan memberinya makanan berupa buah-buah dari surga …” (HR. Tirmidzi / Hasan).
Sedekah akan efektif ketika dikeluarkan pada waktu dan sasaran yang tepat, sedekah yang bisa meraih banyak keutamaan dan pahala, sedekah yang diberikan pada bulan mulia (Ramadhan), sedekah yang dikeluarkan untuk menghilangkan rasa lapar dan haus dari orang-orang mukmin yang shaum, sedekah yang bisa mengenyangkan dan menyenangkan anak-anak yatim.
Tetapi semuanya itu berpulang kepada kita, bagian mana dari sedekah kepada anak yatim tersebut yang bisa kita ambil, apakah untuk memenuhi kebutuhan fisiknya, atau mentalnya atau spiritualnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s