SALAFUSSLAIH MENYATUNI ANAK YATIM

1467395_664227030311537_2070669397_n

Berikut ini digambarakan bagaimana cara -cara para Salaffusalaih menyantuni anak yatim dalam suri teladan kehidupan mereka  :

Mengusap kepala anak yatim memiliki dua makna, yang pertama secara hakiki yaitu makna yang sebenarnya, dan yang kedua secara maknawi, artinya menyatuni, menjamin, memberikan perlindungan dan mem-perlakukannya seperti anak sendiri. Imam Qatadah menyatakan, “Jadilah orang tua yang penyayang bagi anak yatim”. Keadaan Ibnu Umar ra, apabila melihat anak yatim beliau mengusap kepalanya dan memberikan sesuatu kepadanya. Dan Imam Bukhari meriwayatkan bahwa Abdullah tidak pernah makan suatu makanan kecuali di sekitar meja makanannya ada anak yatim. (Shahih Adabul Mufrad / 136).

Menyayangi mereka seperti anak sendiri, karena itulah kebutuhan mereka yang sesungguhnya, sesorang harus berpikir bagaimana kalau seandainya ia meninggal, bagaimana anak-anak yang ditinggalkannya, anak-anak (yatim) itu adalah anak mereka ?. Tentu ia berkeinginan ada orang yang bisa menggantikan fungsi sebagai orang tua untuk anak-anak yang ditinggalkannya.

Menyayangi atau menyantuni anak yatim bukan berarti harus selalu dielus-elus atau selalu memanjakannya dan memenuhi segala keinginannya, akan tetapi memperlakukannya dengan adil ketika melakukan kesalahan sebagaimana memperlakukan anak sendiri. Ibnu Sirrin pernah ditanya tentang anak yatim, maka beliau berkata “Perlakukanlah dia seperti engkau memperlakukan anakmu, pukulah dia seperti engkau memukul anakmu”. Pukulan yang diperkenankan adalah pukulan yang bersifat mendidik atau memberikan pendidikan, bukan pukulan yang membabi buta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s